"Peningkatan Kompetensi Guru: Pelatihan Pembuatan Soal HOTS dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan"


Cianjur, 08 November 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, MAN 1 Cianjur baru-baru ini menggelar pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) dengan materi khusus tentang Panduan Pembuatan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut, dengan tujuan memperkuat keterampilan guru dalam menyusun soal yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Pelatihan ini menjadi bagian dari upaya sekolah untuk menjawab tantangan pendidikan abad 21, di mana kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis menjadi kompetensi yang sangat penting bagi siswa. HOTS merujuk pada keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meliputi kemampuan analisis, evaluasi, dan kreasi, yang lebih kompleks dibandingkan dengan soal-soal berbasis hafalan atau pemahaman dasar.

Kepala MAN 1 Cianjur, Dra. Hj. Erma Sopiah dalam sambutannya menjelaskan, "Peningkatan kompetensi guru dalam merancang soal HOTS sangat penting agar kita bisa mempersiapkan siswa yang tidak hanya menguasai materi, tetapi juga mampu berpikir secara kritis dan kreatif. Melalui pelatihan ini, kami berharap guru dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan mendorong siswa untuk berpikir lebih mendalam."

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan berbagai materi terkait pembuatan soal HOTS, yang di antaranya mencakup:

  1. Pengenalan Konsep HOTS: Peserta diberikan pemahaman tentang perbedaan antara soal HOTS dan soal berbasis hafalan atau pemahaman tingkat rendah. Para guru dilatih untuk merancang soal yang menantang siswa untuk berpikir kritis, menghubungkan konsep, serta mengaplikasikan pengetahuan dalam konteks yang lebih kompleks.
  2. Teknik Menyusun Soal HOTS: Para peserta diajarkan teknik-teknik praktis dalam menyusun soal HOTS yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kurikulum yang berlaku. Pelatihan ini memberikan contoh soal esai, studi kasus, serta soal berbentuk aplikasi yang menuntut siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi.
  3. Penyusunan Rubrik Penilaian: Salah satu sesi penting dalam pelatihan ini adalah tentang penyusunan rubrik penilaian untuk soal HOTS. Dengan adanya rubrik penilaian yang jelas, guru dapat menilai sejauh mana siswa mampu mengaplikasikan, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang diberikan dalam soal.
  4. Integrasi HOTS dalam Pembelajaran Sehari-hari: Para guru juga diajak untuk mendiskusikan cara-cara mengintegrasikan soal HOTS dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, sehingga siswa terbiasa berpikir tingkat tinggi dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Pelatihan ini memberikan manfaat besar bagi para guru, yang kini memiliki pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana menyusun soal yang efektif untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dengan keterampilan ini, diharapkan mereka dapat memfasilitasi siswa untuk berpikir lebih kritis, kreatif, dan mampu menyelesaikan masalah secara inovatif.