MAN 1 Cianjur Menyelengarakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB), Desain Modul Projek P5PPRA
Mansa (Cianjur), dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogik Guru dan implementasi Kurikulum Merdeka sesuai dengan KMA no 347 tahun 2022, maka MAN 1 Cianjur menyelenggarakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) dengan mengangkat tema: "Merancang Desain Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'Alamin (P5PPRA)". Narasumber pada kegiatan ini adalah Dr. Herlan Firmansyah, M.Pd., ME. (Instruktur Nasional PPKB Guru Kemenag RI).
Acara tersebut langsung dibuka oleh Kepala MAN 1 Cianjur, Dra. Hj. Erma Sopiah. Dalam sambutanya Kepala Madrasah menyampaikan bahwa Guru harus senantiasa mengupgrade pengetahuannya terutama menyangkut implentasi Kurikulum Merdeka. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa saat ini keterampilan berbahasa asing bagi siswa sangat penting, diantaranya bahasa Arab dan bahasa Inggris untuk itu perlu diprogramkan akan hal ini.
Dalam sesi penyampaian materi Dr. Herlan menjelaskan: Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila dan ekstrakurikuler. P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Penguatan profil pelajar Pancasila pada madrasah diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu; (1) Profil Pelajar Pancasila, dan (2) Profil Pelajar Rahmatan lil'alamin.
Sementara itu, Modul Projek merupakan dokumen yang berisi PROFIL MODUL, TUJUAN, AKTIVITAS, dan ASESMEN yang dibutuhkan untuk melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan lil'alamin. Ada 9 (sembilan) komponen yang Harus Dipahami Ketika akan Merancang Modul P5PPRA, yaitu: (1) Dimensi; (2) Elemen; (3) Sub Elemen; (4) Target Akhir Fase; (5) Tema; (6) Nilai; (7) Sub Nilai; (8) Indikator dan (9) Topik. Langkah persiapan menyusun Modul Projek yaitu: (1) mengidentifikasi dan memetakan kondisi serta kebutuhan peserta didik; (2) menentukan perancangan modul berdasarkan tahapan persiapan satuan pendidikan; (3) merancang modul secara mandiri; (3) menyusun tujuan, merancang asesmen dan mengembangkan aktivitas. "raja"