Visi dan Misi

By Admin 05 Jul 2015, 16:31:30 WIB

Visi dan Indikator Visi

  1. Visi

Sejalan dengan tujuan pendidikan jenjang menengah maka Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 memiliki visi sebagai berikut: “Terwujudnya Lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Cianjur yang Berakhlaqul Karimah dan Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2021 “

  1. Indikator Visi

Berakhlaqul Karimah:

  1. Berdo’a dan membaca Asmaul Husna setiap mengawali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
  2. Mengucapkan salam setiap bertemu warga madrasah, tamu madrasah, dan masyarakat secara umum.
  3. Shalat fardhu berjamaah.
  4. Melaksanakan tadarus Al Qur’an, baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat.
  5. Melaksanakan shalat sunnah dhuha secara mandiri.
  6. Berbusana rapih dan sesuai dengan tata tertib sekolah dan syariat Islam.
  7. Tidak terlibat tawuran, narkoba, seks bebas dan gejala patologi sosial lainnya.
  8. Bersikap jujur dalam ucapan dan tindakan.
  9. Tidak menulis dan mengucapkan kata-kata kasar, baik di dalam lingkungan madrasah maupun di luar madrasah.
  10.  Peduli dengan kebersihan lingkungan kelas, lingkungan madrasah, dan lingkungan masyarakat pada umumnya.
  11.  Bersikap dermawan terhadap sesama.
  12.  Menjadi pelopor kegiatan keagamaan di masyarakat.
  13.  Memiliki kesalehan individual dan kesalehan sosial.

Berprestasi:

Berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik dengan indikator sebagai berikut:

  1. Hasil ujian nasional lulus 100%;
  2. Hasil ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester dan penilaian kenaikan kelas di atas KKM yang sudah ditetapkan di madrasah;
  3. Menjadi juara KSM mata pelajaran Matematika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional;
  4. Menjadi pelopor dan  juara kegiatan ekstrakurikuler tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional;
  5. Menjadi pelopor dan juara kegiatan keagamaan, olahraga, kesenian (AKSIOMA) dan pendidikan tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional;
  6. Memiliki literasi keuangan yang baik;
  7. Lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Misi Madrasah

Misi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Cianjur adalah:

  1. Meningkatkan kegiatan penghayatan dan pengamalan syariat Islam.
  2. Mengintegrasikan pendidikan budaya dan karakter bangsa (PBKB) dan pendidikan kewirausahaan dalam seluruh kegiatan madrasah.
  3. Mengembangkan kegiatan belajar mengajar secara efektif dan inovatif.
  4. Mengembangkan minat dan bakat peserta didik melalui program keterampilan dan ekstrakurikuler.
  5. Meningkatkan prestasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan dilandasi integritas, profesionalitas, inovatif, tanggungjawab dan keteladanan.
  6. Mengembangkan manajemen dengan melibatkan partisipasi seluruh warga madrasah.

Tujuan Madrasah

Tujuan pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Cianjur adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang islami, memiliki kecakapan hidup dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih  tinggi.
  2. Mengaplikasikan nilai budaya dan karakter islami serta sikap mental wirausaha dalam seluruh kegiatan madrasah.
  3. Melaksanakan model-model pembelajaran kreatif dan inovatif yang  berbasis Information and Communication Technology (ICT)
  4. Meningkatkan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial peserta didik.
  5. Meningkatkan  kompetensi  pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial pendidik dan tenaga kependidikan berbasis nilai-nilai islami.
  6. Meningkatkan pelayanan kepada pihak-pihak yang berkepentingan secara profesional dengan mengoptimalkan potensi dan partisipasi aktif seluruh warga madrasah.

 Sasaran Madrasah

  1. Terwujudnya budaya madrasah (school culture) yang Islami dan terintegrasi dengan budaya kerja Kementerian Agama (Integritas, Profesionalitas, Inovatif, Tanggungjawab dan Keteladanan) dalam rangka mendukung pembentukan lulusan yang berakhlaqul karimah dan berprestasi.
  2. Terwujudnya peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran melalui penguatan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam rangka mewujudkan lulusan yang berakhlaqul karimah dan berprestasi.
  3. Terwujudnya peningkatan mutu peserta didik sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) madrasah, dapat bersaing dan bersanding dengan peserta didik sekolah/madrasah lain tingkat nasional.
  4. Terwujudnya peningkatan mutu pendidik melalui penguatan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian dalam rangka mendukung pembentukan lulusan yang berakhlaqul karimah dan berprestasi.
  5. Terwujudnya peningkatan tata kelola yang baik (good governance) dan tata kelola yang terbuka (open governance) dalam manajemen madrasah dan terciptanya lingkungan kerja yang aman, nyaman, harmonis, partisipatif, dan kolaboratif.
  6. Terwujudnya peningkatan mutu kerja sama dengan stakeholder dalam rangka penguatan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sehingga mendukung pembentukan lulusan yang berakhlaqul karimah dan berprestasi.

 Strategi Madrasah

  1. Fase I (2017-2018): penguatan standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar proses dan standar penilaian dengan menyinergikan seluruh sumber daya madrasah.
  2. Fase II (2018-2019): penguatan standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar proses dan standar penilaian dengan menyinergikan seluruh sumber daya madrasah dan melakukan perbaikan berkelanjutan atas kekurangan-kekurangan yang terjadi pada fase I.
  3. Fase III (2019-2020): penguatan standar isi, standar kompetensi lulusan, standar pengelolaan dan standar pembiayaan dengan menyinergikan seluruh sumber daya madrasah serta menjaga pencapaian fase II.
  4. Fase IV (2020-2021): penguatan standar isi, standar kompetensi lulusan, standar pengelolaan dan standar pembiayaan dengan menyinergikan seluruh sumber daya madrasah dan melakukan perbaikan berkelanjutan atas kekurangan-kekurangan yang terjadi pada fase III serta serta menjaga pencapaian fase II sehingga selama empat tahun (empat fase), delapan SNP MAN 1 Cianjur terjadi peningkatan yang signifikan dan berimbas pada peningkatan nilai akreditasi MAN 1 Cianjur tahun 2020 pada khususnya dan peningkatan mutu pendidikan madrasah pada umumnya.